Persembahan Kelompok Dua Planologi Undip 2011

Jumat, 01 Juni 2012

Latar Belakang Pemilihan Tema "Mass Transportation"


Setiap hari, aktivitas masyarakat tidak lepas dari transportasi. Baik itu transportasi umum maupun transportasi pribadi. Transportasi sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu: transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi umum digunakan untuk membantu memudahkan masyarakat yang ingin berpergian tanpa perlu menggunakan kendaraan pribadi. Namun seiring berjalannya waktu, mulai muncul masalah-masalah yang berhubungan dengan transportasi.


Dewasa kini, masalah transportasi yang sering terjadi adalah kemacetan. Hal ini disebabkan karena banyak masyarakat menggunakan kendaraan pribadi daripada yang memakai kendaraan umum. Akibat semakin banyaknya penggunaan kendaraan pribadi pada ruas jalan yang berukuran tetap tanpa ada pelebaran jalan membuat keadaan tidak terlalu baik. Selain itu, semakin banyak pula polusi yang ditimbulkan. Hal ini menjadikan transportasi umum kurang diminati bahkan cenderung tidak diperhatikan. Sehingga jangka panjang akan jarang lagi ditemukan transportasi umum dan suatu kota akan berbenah diri selalu dengan cara memperlebar dan memperlebar lagi jalan bila masyarakat tetap pada pola untuk selalu berkendaraan terutama kendaraan pribadi.

Negara Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang mempunyai permasalahan yang cukup serius dengan kendaraan terutama di kota-kota besar. Dengan ruang lingkup masalah transportasi umum, kami dari kelompok 2 (dua) mata kuliah Teknik Komunikasi menjadikannya sebagai tema dalam menyelesaikan tugas besar. Diharapkan dari tema yang diambil dapat lebih menginformasikan kepada masyarakat bahwa transportasi umum atau massal tidak selamanya buruk dan dapat mengajak masyarakat untuk lebih memanfaatkan transportasi massal yang ada dengan sebaik-baiknya. Selain itu juga menginformasikan bahwa transportasi massal sangat membantu dalam pembangunan berkelanjutan. ”Transportasi Umum” ini merupakan perwujudan dari laporan skenario yang berjudul :

“Transportasi umum, Banyak Pilihan Banyak Kemudahan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar